Dinkes Kalbar Juara Lomba Cipta Menu Ikan Lele

Dinkes Kalbar Juara Lomba Cipta Menu Ikan Lele

Pontianak – Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar meraih juara pertama pada lomba cipta menu bahan olahan ikan lele yang digelar oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar pada HUT ke-56 Pemprov Kalbar di halaman kantor gubernur.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Frederika Cornelis mengatakan lomba cipta menu bahan olahan ikan lele ini bertujuan mempromosikan menu-menu masakan lele. Kegiatan ini juga diharapkan akan menemukan ide-ide kreatif dari para peserta lomba untuk menciptakan menu-menu yang berbahankan ikan lele.

“Selain kaya zat gizi ikan lele juga membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak. Ikan lele juga sangat mudah untuk didapatkan dan harganya juga sangat terjangkau,” katanya.

Protein ikan ini yang istimewa, dikatakan Frederika, bukan hanya berfungsi sebagai penambah jumlah protein yang dikonsumsi, tetapi juga sebagai pelengkap mutu protein dalam menu.

Seperti diketahui, sambung dia, protein ikan mengandung semua asam amino esensial yang dalam jumlahnya yang cukup. Protein ikan mengandung lisin dan metionin yang lebih tinggi dibanding protein susu dan daging.

“Kita berharap kegiatan menu masak ikan lele yang mudah dan gampang untuk didapatkan ini, akan terus ditingkatkan guna mendapatkan ide-ide kreatif dalam penyajiannya,” harap Frederika.

Selain untuk memberikan contoh bagi masyarakat agar lebih bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong untuk ditanami dengan sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi, kegiatan Bazar Produksi kebun TP PKK yang diadakan pada HUT ke-56 Pemprov sekaligus untuk mempromosikan hasil-hasil kebun PKK yang dinilai sudah sangat berhasil. “Berbagai macam jenis sayuran-sayuran hasil kebun PKK telah banyak membuahkan hasil, bahkan sudah dipasarkan sampai ke pasaran,” ujar Frederika.

Ia mengatakan TP PKK Provinsi Kalbar terus berupaya meningkatkan hasil-hasil kebun semuanya dilakukan untuk memberikan contoh bagi masyarakat.

Juara kedua pada lomba masak ikan lele diperoleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, disusul Dinas Peternakan pada peringkat III, harapan I BPMPD, harapan II Biro Humas Provinsi, dan harapan III Dinas Kelautan dan Perikanan. (kie)

http://www.equator-news.com/kalbar-raya/20130130/dinkes-kalbar-juara-lomba-cipta-menu-ikan-lele

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s