Sharif Lakukan Panen Raya Lele di Bogor

Sharif Lakukan Panen Raya Lele di Bogor

Jakarta, 17/12 (ANTARA) – Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo, hari ini, Sabtu (17/12) melakukan Panen Raya lele bersama Kelompok Pembudidaya Ikan (KOPDAKAN) Sinarjaya di Desa Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Bogor. Sebanyak 13 Koperasi Pembudidayaan Ikan yang berada di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten  Bogor Jawa Barat, mendapatkan bantuan untuk melakukan budidaya ikan Lele sebesar Rp.65juta per kelompok. Selain itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga memberikan bantuan untuk pengadaan mesin pembuat pakan ikan lele.

Lebih lanjut Sharif menyatakan, bahwa KKP mengapresiasi kelompok Sinar Jaya yang telah berhasil melakukan dua kali panen raya tahun ini. Keberhasilan ini yang harus ditularkan kepada kelompok pembudidaya lain. Sebelumnya, KKP melalui Program Pemberdayaan Usaha Masyarakat budidaya telah memberikan bantuan sebesar 100 juta per kelompok kepada pembudidayaan ikan dan hasilnya sangat signifikan.

Produksi ikan menerima bantuan KKP sebelumnya adalah 1,5 ton untuk pembesaran dan 150 ribu untuk pembenihan. Setelah mendapatkan bantuan dari KKP, panen Ikan yang dihasilkan meningkat tajam menjadi 6,5 ton untuk pembesaran dan 450 ribu untuk pembenihan. “Kerja keras, usaha, tekad dan niat terbukti dapat mencapai hasil yang diinginkan seperti hasil kelompok pembudidaya ikan yang kita panen raya hari ini”, ujar Cicip.

Perwakilan petani ikan lele yang biasa disapa Mang Alwi, mengatakan bahwa setelah mendapat bantuan dari KKP hasil panen meningkat pesat, namun petani ikan lele juga mengeluhkan mengenai besarnya biaya untuk membeli pakan ikan, dan meminta bantuan kepada KKP memberikan bantuan berupa peralatan pembuatan pakan ikan. Sementara itu, anggota Komisi VI DPR RI, Erlangga menambahkan, bahwa saat ini petambak/pembudidaya sulit sekali untuk mendapatkan kucuran modal, oleh sebab itu Komisi VI sedang membahas Rancangan Undang-Undang mengenai Usaha Kecil Menengah (UKM).

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc,Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (HP. 0811836967)

 

http://www.antaranews.com/berita/289333/sharif-lakukan-panen-raya-lele-di-bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s