Produksi Ikan Hasil Budi Daya Dipacu

11 Agustus 2011
Produksi Ikan Hasil Budi Daya Dipacu

BOYOLALI–  Produksi perikanan budidaya mendapatkan prioritas pengembangan. Bahkan, ditargetkan tahun 2014 produksi ikan budidaya bisa mencapai 16,9 juta ton, meningkat dibandingkan tahun 2010 yang hanya sebesar 5,26 juta ton.

Sasaran target tersebut dikemukakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad dalam acara Safari Ramadan di Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Rabu (10/8) sore. Selain menebarkan benih lele di areal kolam milik kelompok, sekaligus dilakukan panen perdana.

“Saya salut dengan pengembangan budi daya lele di Boyolali melalui konsep minapolitan,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk memacu produksi perikanan budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menetapkan 10 komoditas unggulan, salah satunya pengembangan budidaya ikan lele. Produksi lele akan terus dipacu dari 273.554 ton tahun 2010 menjadi 900.000 ton pada tahun 2014 mendatang. Target tinggi dimaksudkan untuk mengimbangi pasar yang masih terbuka luas.

“Contoh saja, DIY membutuhkan 14-15 ton lele/hari. Dari jumlah itu, mereka baru bisa memproduksi sebanyak 6ñ7 ton/hari dan kekurangannya dipasok dari Boyolali. Ini potensi luar biasa yang bisa terus dikembangkan.”

Kabupaten Boyolali merupakan salah satu kawasan minapolitan percontohan untuk tahun 2011 berbasiskan pada komoditas unggulan lele.

Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengungkapkan, embrio pembentukan kawasan minapolitan bermula dari usaha peternak lele di Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit. Usaha budidaya terus berkembang hingga kini mencapai luas 25 hektar lebih. Usaha itu lalu dikembangkan lagi di tiga desa dengan dibuat 500 kolam. Yaitu, Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono (418 kolam), Desa Gumukrejo dan Doplang, Kecamatan Teras masing- masing 50 kolam dan 32 kolam. (G10-77)

http://suaramerdeka.com/smcetak//index.php?fuseaction=beritacetak.detailberitacetak&id_beritacetak=155806

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s