Dana Rp 700 Juta Siap Dikucurkan ke Kampung Lele

11 Agustus 2008

Dana Rp 700 Juta Siap Dikucurkan ke Kampung Lele

BOYOLALI– Potensi Kampung Lele di Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit mendapat perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan. Bahkan para peternak lele bakal menerima kucuran dana Rp 700 juta. ’’Misi kami adalah mengangkat potensi Kampung Lele ke tingkat nasional dan internasional,’’ ujar Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Kelautan, Martani Huseini Sabtu (9/8).

Ditemui wartawan di Komplek Kantor Pemkab Boyolali menjelang kunjungan ke Kampung Lele, dia mengatakan, ikon lele nasional saat ini ada dua tempat. Yaitu, lele Boyolali dan lele Dompu, Nusa Tenggara Timur. Dari dua wilayah itu nantinya akan dipilih salah satu yang terbaik untuk mewakili Indonesia untuk menampilkan produk perikanan yang potensial.

’’Ini semacam Olimpiade, kalau dalam sains semacam Olimpiade Fisika. Tapi khusus untuk perikanan darat kita mengandalkan lele.’’Menurutnya, pengangkatan potensi desa sampai ke tingkat internasional, berkaca dari Jepang yang lebih dahulu melangkah mengenalkan ikon potensi desanya ke tingkat internasional. Dipilihnya Boyolali sebagai salah satu yang akan mewakili Indonesia ke tingkat nasional karena potensi lele Boyolali dinilai cukup membanggakan.

’’Selain itu, komitmen Pemkab Boyolali yang serius mengangkat ikon lele daerahnya. Selain itu potensi SDA dan SDM juga menjadi pertimbangan terpilihnya Boyolali dan Dompu untuk mewakili Indonesia ke tingkat Asia Tenggara.’’

Untuk mengangkat lele Boyolali sebagai salah satu ikon nasional, pihaknya siap mengucurkan anggaran sebesar Rp 700 juta untuk pembangunan infrastruktur pembudidayaan dan pengolahan lele. Dana bantuan dari APBN itu dialokasikan untuk pembangunan sentra pengolahan dan pembangunan kolam khusus pengasapan.

Rencana pembangunan infrastruktur pengolahan ikan lele itu juga merupakan komitmen Pemkab Boyolali untuk mengembangkan kampung lele sebagai kawasan minapolitan.

Saat ini jumlah anggota kelompok peternak lele mencapai 100 orang yang tergabung dalam Kelompok Karya Minausaha. Sedangkan jumlah kolamnya mencapai 1.440 dan rumah pengolahan terdapat 208 buah. Total produksi lele mencapai 10 ton/ hari. Selain dijual dalam bentuk ikan segar, sebagian juga diolah menjadi abon dan nugget. (G10-67)

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2008/08/11/25779/Dana-Rp-700-Juta-Siap-Dikucurkan-ke-Kampung-Lele-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s