Peluang Budidaya Lele Organik Terbuka Lebar

13 Januari 2011 | 08:49 wib

Enam Desa Terima PNPM MP
Peluang Budidaya Lele Organik Terbuka Lebar

Rembang, CyberNews. Warga enam desa di Kecamatan/Kabupaten Rembang penerima dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MP) tertarik menggunakan dana bantuan untuk usaha budidaya ikan lele. Budidaya ikan air tawar ini dipilih karena peluang pasar yang masih terbuka lebar.

Toyib (35), warga Desa Tlogomojo, Kecamatan Rembang menuturkan, budidaya lele masih dianggap jalan terbaik, menyikapi terus menurunnya tangkapan hasil laut akibat pengaruh cuaca buruk. “Modal untuk usaha ini juga relative kecil, cara budidayanya pun cukup mudah. Setelah beberapa kali mengikuti pelatihan, kami siap untuk membuka usaha ini dengan dana bantuan yang ada,” jelasnya, Kamis (13/1)

Digunakannya dana PNPM MP untuk budidaya ikan lele ini, menurut Koordinator PNPM MP tingkat Kabupaten Rembang, Wedya Sudarpraseda, hal ini merupakan inisiatif warga sendiri. Mereka juga telah membentuk pantia pengelola Tirta Mina Mandiri, sebagai tempat saling bertukar pengalaman.

“Kami tinggal mengarahkan dan menghadirkan praktisi maupun ahli di bidangnya untuk memberi bekal pengetahuan ke warga,” jelasnya.

Disebutkan, dana PNPM MP yang digunakan untuk usaha ini mencapai Rp 57 Juta, yang dialokasikan untuk Desa Ngadem, Weton, Sawahan, Kumendung, Tlogomojo dan Punjulharjo. Budidaya lele ini, dilakukan dengan teknik kolam terpal. Warga juga didorong untuk membudidayakan lele secara organik.

Investasi usaha ini cukup terjangkau. Dibutuhkan dana sekitar Rp 2,7 juta per kolam, yang sebagian besar digunakan untuk pembelian benih (ukuran 7 cm – 9 cm), pakan dan pembuatan kolam terpal.

”Jika dikalkulasi, sedikitnya petani mendapat keuntungan bersih sebesar Rp 300 ribu pada panen pertama. Panen selanjutnya keuntungan bisa lebih besar karena tak perlu pengeluaran untuk pembuatan kolam terpal lagi,” jelasnya.

( Saiful Annas / CN27 / JBSM )

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/01/13/75343/Peluang-Budidaya-Lele-Organik-Terbuka-Lebar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s